Sistem
Informasi & Organisasi Bisnis
Dalam
kehidupan kita sehari-hari, informasi menjadi suatu hal yang penting. Dengan
informasi kita dapat mengetahui apa saja yang terjadi di dunia baik di dalam
negeri maupun di luar negeri. Informasi juga dapat membantu dalam mengambil
keputusan. Suatu perusahaan besar tidak akan mengambil keputusan semudah
membalikkan telapak tangan tanpa adanya informasi, karena meskipun kecil
informasi yang mereka dapatkan akan menjadi penentu bagi kemajuan perusahaan
tersebut.
Informasi
dapat berupa data atau system. Suatu system informasi dibagi menjadi lima
fungsi utama, yaitu pengumpulan data, pengolahan data, manajemen data,
pengendalian dan pengamanan data, serta pengadaan informasi. Masing-masing
fungsi tersebut saling berkaitan satu sama lain.
Keterkaitan
system informasi dalam organisasi bisnis sangatlah erat. Dalam bisnis,
teknologi informasi mempunyai dampak terhadap semua system informasi akuntansi.
Dalam meningkatkan system informasi, suatu perusahaan menginstalasikan computer
menggunakan model-model untuk mengambil sebuah keputusan dan mempelajari
kebutuhan informasi.
Akuntan
berperan sebagai perancang sekaligus pemakai(user) dalam sistem informasi
akuntansi. Mereka terlibat langsung dalam penetapan persyaratan untuk
informasi. Mereka diharuskan mempelajari seperangkat pengetahuan umum tentang
informasi.
Akuntansi
& Teknologi Informasi
Teknologi
informasi berdampak signifikan terhadap system informasi akuntansi pada suatu
perusahaan. Diantara lainnya adalah pada pemrosesan data yang mengalami
perubahan dari manual ke system computer. Proses ini sangat mempengaruhi proses
audit, karena audit memerlukan laporan keuangan sebagai objeknya. Dengan
begitu, audit juga mengalami kemajuan dalam hal teknologi informasi. Karena
jika mereka tidak mengalami kemajuan, akan berdampak tidak baik dengan klien
perusahaan yang terbiasa dengan kemudahan-kemudahan yang ada.
Akuntan
& Pengembangan
Perkembangan
system informasi sangat berpengaruh pada akuntan atau pelaku (user) akuntansi,
yang sebelumnya mereka terbiasa dengan mencatat buku besar di kertas(buku),
saat ini mereka dituntut untuk dapat mencatat, mengolah data dan menyimpannya
dalam computer. Namun pada dasarnya, hal demikian tidak memerlukan waktu
yang banyak untuk akuntan menguasainya.
Teknik
akuntansi merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis,
merancang danmendokumentasikan system yang berkaitan. Akuntan juga bisa membuat
system akuntansi baik untuk kebutuhan perusahaan ataupun untuk akuntan sendiri
selaku konsultan.
1.
Suatu sistem informasi dibagi menjadi lima
fungsi utama, yaitu……………………………………….
pengumpulan data, pengolahan data,
manajemen data, pengendalian dan pengamanan data, serta pengadaan informasi
2.
Akuntan
berperan sebagai perancang sekaligus………………
pemakai(user) dalam sistem informasi
akuntansi
3.
Teknologi
informasi berdampak signifikan terhadap………………
sistem informasi akuntansi pada suatu
perusahaan
4. Teknik akuntansi merupakan alat
yang digunakan untuk………..
menganalisis, merancang
danmendokumentasikan sistem yang berkaitan
5.
Proses
ini sangat mempengaruhi proses audit, karena audit memerlukan laporan keuangan
sebagai…………
A. Objek (Benar)
B. Primary Item
C. Subjek
D. Pelengkap
E. Additonal Option
Tidak ada komentar:
Posting Komentar